Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis is a peer-reviewed journal published by Department of Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Muhammadiyah Surakarta, covering a variety of topics in economics, management, business and finance.
Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 14 No 2 Desember 2010"
:
12 Documents
clear
Analisis Manajemen Laba Pada Laporan Keuangan Perbankan Syariah (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Dan Bank Muamalat Indonesia)
Padmantyo, Sri
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 14 No 2 Desember 2010
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/benefit.v14i2.1321
The aim of this research is to know and analyze : Indication of earning management in financial statement of Bank Syariah Mandiri and Bank Muamalat Indonesia. Researcher uses total accruals from Healy (Arfani and Sasongko, 2005). The resulf of this research is positive of total accruals for four years and negative for one year. It means that there are earning management in financial statement of Bank Syariah Mandiri and Bank Muamalat Indonesia for four years.
Meningkatkan Kinerja Perusahaan Melalui Praktek Corporate Governance Pada Industi Kecil DanMenengah
Mukharomah, Wafiatun
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 14 No 2 Desember 2010
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/benefit.v14i2.1322
Sistem governance yang mencakup governance structure dan governance mechanism di atas hendaknya mengacu pada penerapan prinsip-prinsip tata kelola, yaitu: transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, dan kewajaran/keadilan. Semua elemen yang tercakup dalam governance structure dan governance mechanism merupakan bagian dari Internal Forces. Â Sedangkan External Forces terdiri dari: kerangka hukum, peraturan pemerintah dan lingkungan bisnis. Terbentuknya GCG akan dapat dicapai apabila perusahaan memiliki governance structure yang jelas dengan manajemen yang transparan, dan akuntabel dalam mengelola perusahaannya. Adanya aturan main yang jelas dan laporan yang dapat dipertanggung-jawabkan, akan mempermudah stakeholders melakukan pemantauan dan pengendalian terhadap manajemen. Keadilan (fairness) merupakan ukuran normatif yang sering dikaitkan dengan GCG atau untuk membedakan antara Corporate Governance yang baik dan tidak.
PERAN BAITUL MAL WAT TAMWIL UNTUK PEMULIHAN EKONOMI NASABAH KORBAN GEMPA DI GANTIWARNO KLATEN
Sholahuddin, Muhammad
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 14 No 2 Desember 2010
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/benefit.v14i2.1323
The aims of this research are to get a clear description about the role, supporting factors and constraint factors of BMT âSuryaâ toward a societies empowerment in the agriculture sector in Klaten. Related with the aims of the research, therefore this this case study used qualitative research. Method of collecting the data used In Deep Interview throught three ways, those are observating, interviewing and documentating. Technique of analizing the data used Miles-Huberman. The result of this research are: (1) The role of Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) âSuryaâ is empowerment of realized through services product by BMT âSuryaâ those are: (a) loan of agriculture sector (b) loan of livestock sector (c) loan of service sector and (d) loan of convection sector (2) supporting factors toward societies empowerment of economical sector in Klaten are: (a) strategic area (b) having closed emotional between the manager of BMT âSuryaâ and their clients, (c) developing relatieves atmosphere event itâs still prioriting the professionalism (3) constraint factors toward societies empowerment of economical sector in Klaten are: (a) They have only local network (b) there is a clients who get stuck in the process of pay in installments (c) pay in installments which is not appropriate with the loan.
PENGARUH REPUTASI, PRIVASI, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPERCAYAAN (TRUST) PENGGUNA INTERNET DI SEMARANG DALAM SISTEM E-COMMERCE
Marlien, R.A;
Probo, Probo
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 14 No 2 Desember 2010
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/benefit.v14i2.1319
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan pengguna internet dalam sistem ecommerce di Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 103 yaitu pengunjung forum jual beli kaskus dan pemakai jejaring sosial seperti facebook. Dimana pengunjung forum ini merupakan orang-orang yang pernah bertransaksi melalui internet. Baik itu melalui ebay.com, bhinneka.com, FJB Kaskus, maupun web jual beli lainnya.Alat statistik yang digunakan adalah Analisis Regresi. Data dianalisis dengan menggunakan software statistik SPSS v 19. Hasil dari penelitian ini keamanan berpengaruh terhadap kepercayaan dan pengaruhnya sangat kuat dibandingkan dengan reputasi dan privacy.
KINERJA PEMBIAYAAN DAN PEMBIAYAAN NON-LANCAR PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA
Rosyadi, Imron
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 14 No 2 Desember 2010
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/benefit.v14i2.1324
Aset Perbankan Syariah dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan namun, sampai akhir 2008 share Perbankan Syariah masih relatif sangat kecil dibandingkan dengan total Perbankan di Indonesia, sehingga prediksi para pengamat, pegiat dan atau praktisi Perbankan Syariah bahwa share Perbankan Syariah pada tahun 2008 mencapai 5% dari total Perbankan tidak sesuai dengan kenyataan.Dalam lima tahun terakhir, Pembiayaan yang diberikan Perbankan Syariah menunjukan peningkatan yang signifikan, namun share-nya terhadap total Perbankan di Indonesia masih sangat kecil atau belum menunjukan pertumbuhan yang pesat.
PENGARUH PENANGANAN KELUHAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BANK MUAMALAT INDONESIA,TBK. DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL PERANTARA (STUDI PADA NASABAH BANK MUAMALAT CABANG SURABAYA)
Artanti, Yessy;
Ningsih, Lestari
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 14 No 2 Desember 2010
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/benefit.v14i2.1320
For many years Islamic banking industry has increased. One of player in Islamic banking competition is PT. MuamalatIndonesia. In service companies, the complaints are something that can not be avoided, in order to stay in competition, they must transform themselves continually to increasing handling of customer complaints as a determinant to create customer satisfaction. One of the advantages can be gained by the companies if the customers are satisfied, they will be a loyal customers. Measuring instruments used was a questionnaires, and datas are analyzed by Structural Equation Modeling. The results shows that handling of customer complaints toward customer satisfaction. While handling complaints do not directly affect customer loyalty.Â
PENGARUH REPUTASI, PRIVASI, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPERCAYAAN (TRUST) PENGGUNA INTERNET DI SEMARANG DALAM SISTEM E-COMMERCE
R.A Marlien;
Probo Probo
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 14 No 2 Desember 2010
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/benefit.v14i2.1319
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan pengguna internet dalam sistem ecommerce di Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 103 yaitu pengunjung forum jual beli kaskus dan pemakai jejaring sosial seperti facebook. Dimana pengunjung forum ini merupakan orang-orang yang pernah bertransaksi melalui internet. Baik itu melalui ebay.com, bhinneka.com, FJB Kaskus, maupun web jual beli lainnya.Alat statistik yang digunakan adalah Analisis Regresi. Data dianalisis dengan menggunakan software statistik SPSS v 19. Hasil dari penelitian ini keamanan berpengaruh terhadap kepercayaan dan pengaruhnya sangat kuat dibandingkan dengan reputasi dan privacy.
KINERJA PEMBIAYAAN DAN PEMBIAYAAN NON-LANCAR PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA
Imron Rosyadi
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 14 No 2 Desember 2010
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/benefit.v14i2.1324
Aset Perbankan Syariah dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan namun, sampai akhir 2008 share Perbankan Syariah masih relatif sangat kecil dibandingkan dengan total Perbankan di Indonesia, sehingga prediksi para pengamat, pegiat dan atau praktisi Perbankan Syariah bahwa share Perbankan Syariah pada tahun 2008 mencapai 5% dari total Perbankan tidak sesuai dengan kenyataan.Dalam lima tahun terakhir, Pembiayaan yang diberikan Perbankan Syariah menunjukan peningkatan yang signifikan, namun share-nya terhadap total Perbankan di Indonesia masih sangat kecil atau belum menunjukan pertumbuhan yang pesat.
PENGARUH PENANGANAN KELUHAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BANK MUAMALAT INDONESIA,TBK. DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL PERANTARA (STUDI PADA NASABAH BANK MUAMALAT CABANG SURABAYA)
Yessy Artanti;
Lestari Ningsih
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 14 No 2 Desember 2010
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/benefit.v14i2.1320
For many years Islamic banking industry has increased. One of player in Islamic banking competition is PT. MuamalatIndonesia. In service companies, the complaints are something that can not be avoided, in order to stay in competition, they must transform themselves continually to increasing handling of customer complaints as a determinant to create customer satisfaction. One of the advantages can be gained by the companies if the customers are satisfied, they will be a loyal customers. Measuring instruments used was a questionnaires, and datas are analyzed by Structural Equation Modeling. The results shows that handling of customer complaints toward customer satisfaction. While handling complaints do not directly affect customer loyalty.
Analisis Manajemen Laba Pada Laporan Keuangan Perbankan Syariah (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Dan Bank Muamalat Indonesia)
Sri Padmantyo
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 14 No 2 Desember 2010
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/benefit.v14i2.1321
The aim of this research is to know and analyze : Indication of earning management in financial statement of Bank Syariah Mandiri and Bank Muamalat Indonesia. Researcher uses total accruals from Healy (Arfani and Sasongko, 2005). The resulf of this research is positive of total accruals for four years and negative for one year. It means that there are earning management in financial statement of Bank Syariah Mandiri and Bank Muamalat Indonesia for four years.